Batik Air Mendarat Darurat, Pilot Alami Gangguan Kesehatan

By: Playworld Indonesia

0

 

Jagat maya sedang dihebohkan dengan beredarnya berita Batik Air yang mendarat darurat. Pada Minggu (17/11/2019), Batik Air seri A-320 dengan nomor penerbangan ID-6548 yang beroperasi dari Bandara Soekarno Hatta – Kupang mendarat darurat di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Batik Air terbang dari pukul 09.12 WIB dari Bandara Sokarno Hatta dan dijadwalkan mendarat di Bandara El Tari pada pukul 12.40 WITA.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menginformasikan bahwa pesawat sudah beroperasi sesuai prosedur (SOP). Penerbangan sudah dipersiapkan dengan sangat baik.

“Batik Air membawa 7 kru dan 148 tam. Sebelum diberangkatkan, pesawat Airbus 320 200CEO registrasi PK-LUF sudah melalui pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dan seluruh kru menjalani pemeriksaan kesehatan, dinyatakan layak terbang (airworthy for flight),” ujar Danang.

Penanganan darurat/ Foto: idntimes.com

Namun di tengah penerbangan, pilot mengalami gangguan kesehatan. Akhirnya co-pilot (first officer) menginformasikan pesawat akan mendarat dalam keadaan darurat (emergency landing).

“Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot in Command (PIC) dalam hal ini pilot merasa adanya gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas,” ungkap Danang.

Melalui penjelasan Danang, bisa ditarik kesimpulan bahwa sang pilot tidak pingsan seperti berita yang tersebar. Pilot hanya mengalami pusing berat namun tidak sampai pingsan saat mengudara. General Manager Lion Air, Rinus Zebua, yang memantau kru pesawat di Bandara El Tari menjelaskan bahwa pilot berinisial DH tersebut tidak pingsan karena sakit jantung saat mengendarai pesawat.

“Dia (pilot) dalam keadaan sadar sejak dalam penerbangan, saat mendarat di Kupang, juga hingga tiba di rumah sakit. Dan sampai saat ini, pilot tetap dalam keadaan sadar,” jelas Rinus dilansir dari Poskupang.com.

Batik Air/ Foto: fbcdn.net

Saat pesawat mendarat di apron dengan sempurna, pilot yang sudah pusing langsung dilarikan terdekat yaitu RS. Siloam.

“Kami terima laporan bahwa pilotnya sakit atau alami gangguan kesehatan. Sampai saat ini kita belum mengetahui secara pasti pilot mengalami gangguan kesehatan apa, maka dia dilarikan ke RS terdekat, yakni di Siloam,” tegas Rinus.

Rinus juga menjelaskan bahwa kondisi seluruh kru dan penumpang baik-baik saja. sang pilot masih dalam pemeriksaan tenaga medis dan belum ada kabar selanjutnya tentang apa yang sebenarnya terjadi terhadap pilot DH.

Batik Air/ Foto: ytimg.com

Selanjutnya Batik Air sudah menerbangkan pesawat pengganti dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo ke Kupang. Batik Air berusaha meminimalisir dampak yang akan timbul agar operasional maskapai tidak terganggu.

“Batik Air menyampaikan terima kasih kepada kru pesawat dan seluruh pihak yang sudah membantu penanganan penerbangan ID-6548,” ujar Danang selaku Corporate Communications Strategic of Batik Air pada Minggu (17/11/2019).

Leave A Reply

Your email address will not be published.